Mengatasi Tanda Obesitas Anak Yang Harus Dilakukan Orang Tua

Mengatasi Tanda Obesitas Anak Yang Harus Dilakukan Orang Tua – Anak yang tumbuh dengan tubuh gemuk, pipi tembem, dan juga perut yang membesar sebaiknya harus segera diwaspadai. Karena tanda-tanda tersebut merupakan ciri dari anak yang memiliki obesitas. Oleh sebab itu sebagai orang tua Anda harus tahu bagaimana cara untuk mengatasi tanda obesitas anak.

Tanda obesitas pada anak harus disikapi dengan tepat. Karena umumnya anak yang memiliki kelebihan berat badan akan berubah sikap menjadi anak yang tidak percaya diri. Langkah tepat untuk mengatasi tanda obesitas pada anak bisa Anda ikuti dibawah ini, yuk simak!

Mengatasi Tanda Obesitas Anak Yang Harus Dilakukan Orang Tua

Mengatasi Tanda Obesitas Pada Anak Secara Dini

Obesitas yang terjadi pada anak-anak di Indonesia saat ini sudah mencapai angka yang lumayan tinggi. Apalagi ditambah dengan kondisi seperti sekarang, yang mana anak-anak diwajibkan untuk belajar di rumah. Berbeda dengan orang dewasa, momen seperti ini menjadi momen yang bisa mereka gunakan untuk bersantai, bahkan makan makanan kecil kesukaan mereka.

Dengan seringnya anak melakukan aktivitas tersebut lalu tidak diimbangi oleh olahraga, bisa menjadi potensi yang sangat besar. Sayangnya saat ini anak dengan tubuh gemuk malah menjadi suatu kebanggaan bagi orang tua.

Padahal obesitas yang terjadi pada anak, tidak jauh beda dengan orang dewasa. Yang mana bisa menjadi salah satu penyebab dari timbulnya beberapa penyakit berbahaya. Diantaranya adalah:

  • Penyumbatan jalan pernapasan pada saat tidur atau menurut istilah kedokteran adalah obstructive sleep apnea syndrome (OSAS)
  • Terjadinya gangguan pada postur tubuh yang disertai dengan perkembangan tulang
  • Anak memiliki kelainan kulit
  • Terjadinya masalah psikososial pada anak dan lingkungan
  • Serta alergi yang mudah menyerang anak dengan tubuh gemuk

Bila tidak ditangani segera mungkin bisa terbawa sampai dewasa, yang mana akan berpotensi timbulnya penyakit berbahaya seperti diabetes serta penyakit jantung.

Langkah Tepat Mengatasi Obesitas Anak

Bila anak sudah terlanjur obesitas, maka ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Namun sebelumnya, ada baiknya untuk melakukan konsultasi kepada dokter gizi mengenai kondisi anak. Jangan sampai asal memberikan diet pada anak, karena hakikatnya diet yang dilakukan orang dewasa berbeda dengan diet sehat untuk anak.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti, diantaranya:

  • Makan secara teratur yakni sehari tiga kali disertai dengan buah potong 1 sampai 2 kali sehari, buah yang dianjurkan adalah apel, melon, semangka, pir, atau alpukat. Jangan berikan buah dengan kalori tinggi seperti mangga dan durian.
  • Biasakan untuk mengkonsumsi air putih pada saat makan.
  • Jumlah makanan dengan kalori tinggi sebaiknya sudah mulai untuk dibatasi seperti roti, kentang goreng, es krim, jus buah, kue kering dan lainnya.
  • Jangan membiasakan anak untuk makan sambil menonton TV atau membahagiakan anak dengan dengan memberikan makanan. Cara itu akan menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan anak pada saat menghadapi momen menyedihkan.
  • Jangan biasakan juga untuk memberikan makanan pada anak sebagai hadiah, bahkan sebagai hukuman untuk anak orang tua membatasi makan anak.
  • Makanan fast food memang enak, namun sebaiknya jangan diberikan secara rutin atau menjadi makanan sehari-hari yah. Kolesterol yang terkandung pada fast food sangat tinggi sehingga bisa menjadi penyebab lemak tertimbun.
  • Untuk anak usia lebih dari 2 tahun asupan susunya dibatasi cukup 500ml/hari. Lalu ganti dengan susu skim yang rendah lemak.
  • Ajak anak untuk terbiasa sarapan pagi, karena menurut penelitian menunjukkan kalau sarapan dengan kadar protein yang tinggi bisa membantu anak menurunkan berat badan.

Bagaimana, cukup mudah bukan cara untuk mengatasi tanda obesitas pada anak? Semoga ulasannya bermanfaat yah!

Updated: April 15, 2021 — 3:35 pm