Orang Tua Wajib Tahu 7 Ciri Anak Obesitas Sebelum Terlambat

Orang Tua Wajib Tahu 7 Ciri Anak Obesitas Sebelum Terlambat – orang tua wajib tahu yang memiliki anak dengan tubuh sehat adalah suatu kebanggaan yang banyak diimpikan. Namun sayangnya banyak orang tua yang sayang terhadap anak, lupa bagaimana harus bersikap. Sampai tidak tahu dengan ciri anak obesitas dini.

Ciri anak obesitas dini sebenarnya bisa dilihat secara kasat mata. Tapi, banyak yang tidak peduli dan menganggap anak dengan tubuh gembul adalah anak yang sehat. Padahal bila Anak sampai terkena obesitas, maka bisa menjadi penyebab beberapa penyakit berbahaya. Lalu, apa saja ciri-ciri dari anak yang obesitas? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Orang Tua Wajib Tahu 7 Ciri Anak Obesitas Sebelum Terlambat

Ciri-Ciri Anak Obesitas ( Source : P2PTM Kemenkes RI )

7 Ciri Anak Obesitas Yang Harus Diwaspadai Sejak Dini

Berikut ini adalah beberapa ciri dari anak yang terkena penyakit obesitas, diantaranya adalah:

Wajah bulat dan pipi tembem

Ciri pertama yang bisa menjadi acuan untuk melihat anak mengalami obesitas adalah pada wajahnya yang membulat dan juga pipinya yang tembem. Selain itu juga ada ciri lainnya yang tampak pada bagian wajah, yakni leher atau dagu yang berlipat dua akibat dari timbunan lemak yang terjadi pada bagian leher.

Leher yang terlihat pendek

Ciri kedua adalah pada bagian leher yang tidak hanya terlipat di bagian dagu, tetapi juga leher akan tampak pendek dari anak umumnya. Yang parahnya ruas pada leher anak pun menjadi tidak terlihat.

Dada membusung dengan payudara membesar

 

Anak yang mengalami obesita biasanya pada bagian dada akan tampak lebih membusung. Bahkan pada bagian payudaranya akan membesar, seperti anak perempuan yang sedang mengalami pubertas.

BACA JUGA : Mengatasi Tanda Obesitas Anak Yang Harus Dilakukan Orang Tua

Adanya lipatan perut

Lipatan pada perut anak juga menjadi pertanda kalau anak mengalami obesitas. Berat badan anak yang obesitas jauh melampaui berat badan anak pada umumnya. Bahkan pada bagian perut anak akan terisi oleh lemak yang tak sehat, sehingga menyebabkan lipatan pada bagian perut.

Kaki membentuk huruf “X” saat berjalan

Anak yang obesitas juga biasanya akan mengalami kesulitan saat berjalan. Kekuatan pada tulang kaki anak menjadi tidak seimbang dengan berat badan tubuhnya, sehingga pada saat berjalan kaki mereka akan membentuk huruf “X”.

Ukuran alat kelamin tampak kecil

Untuk ciri yang keenam ini umumnya terlihat pada anak laki-laki yang obesitas. Obesitas pada anak laki-laki faktanya juga bisa mempengaruhi alat vital mereka. Sehingga secara otomatis akan mempengaruhi masa depan mereka.

Indeks massa tubuh (IMT)

Anak-anak akan dianggap obesitas apabila memiliki indeks massa tubuh lebih dari P95. Hal tersebut dinyatakan langsung oleh CDS atau Centers for Disease Control pada tahun 2002.

 

Komplikasi Penyakit Pada Anak Obesitas

Obesitas pada anak sebaiknya jangan dianggap remeh begitu saja. Jangan karena ingin memiliki anak yang tampak menggemaskan dengan pipi yang tembem, Anda sampai melupakan penyakit-penyakit berbahaya yang mengintai anak-anak.

 

Nah berikut ini adalah beberapa penyakit atau komplikasi yang umum dibawa pada anak obesitas, diantaranya adalah:

  • Anak akan terkena diabetes tipe 2
  • Anak memiliki tekanan darah tinggi
  • Tingkat kolesterol tinggi juga mengintai
  • Terjadi penyakit pada pernapasan
  • Anak menjadi terganggu pada pola tidurnya
  • Terjadi gangguan pada tulang anak
  • Non-Alcoholic Fatty Liver Disease (NAFLD) atau penyakit perlemakan hati non-alkoholik
  • Adanya gangguan perilaku yang menyulitkan
  • Anak menjadi tidak percaya diri
  • Anak bisa mengalami depresi

 

Orang tua memiliki peranan yang sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Jangan sampai ciri anak obesitas di atas menjadi bumerang orang tua dan mendorong anak kepada hal-hal yang akan merugikan. Kalau bukan Anda yang mulai untuk mengontrol, lalu siapa lagi? Yuk jaga pola hidup sehat pada anak sedini mungkin!

Updated: April 16, 2021 — 5:08 pm